Home Info Properti Kamu Seorang Freelancer dan Ingin Mengajukan KPR? Ini Dia Tips jitunya
Info Properti

Kamu Seorang Freelancer dan Ingin Mengajukan KPR? Ini Dia Tips jitunya

Berita Terbaru Properti – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki rumah, salah satunya adalah dengan mengajukan KPR ke bank. Namun, untuk bisa mengajukan KPR Anda perlu menyiapkan berkas yang bisa dibilang cukup rumit. File-file ini nantinya akan dijadikan pedoman bagi bank untuk dapat memberikan bantuan finansial kepada Anda. Nah, salah satu berkas yang diminta pihak bank adalah slip gaji. Lantas, bagaimana dengan pekerja lepas yang tidak memiliki slip gaji? Apakah dia masih bisa mengajukan KPR? Tenang, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba agar bisa mengajukan KPR di bank.

Kamu Seorang Freelancer dan Ingin Mengajukan KPR Ini Dia Tips jitunya

  1. Sertakan Portofolio Pekerjaan Saat Mengajukan KPR

Portofolio ini bisa menjadi pengganti slip gaji yang tidak dimiliki freelancer. Semakin banyak klien yang bekerja untuk Anda, semakin sedikit keraguan bank tentang pekerjaan Anda. Jangan lupa untuk menyertakan bukti biaya transfer yang Anda terima dari klien. Jika pembayaran Anda dirasa cukup dan sirkulasi pendapatan lancar, maka pengajuan hipotek akan lebih berpotensi untuk disetujui.

  1. Bebas Hutang

Sebelum mengambil hipotek, pastikan Anda bebas dari riwayat kredit macet. Bank tidak mau mengambil risiko memberikan pinjaman kepada orang dengan catatan kredit buruk. Pasalnya, pinjaman yang diberikan untuk mengajukan KPR cukup nominal. Pihak bank juga akan menyelidiki terlebih dahulu riwayat peminjaman anda. Jika anda memiliki masalah pembayaran pinjaman tentu akan memberatkan pihak bank untuk menyetujui KPR yang anda ajukan.

  1. Tentukan kredit sesuai kemampuan

Jadikan pendapatan rata-rata Anda sebagai tolak ukur harga rumah yang ingin Anda beli melalui sistem KPR. Daripada harus bayar cicilan tiap bulannya, lebih baik beli rumah yang harganya sesuai dengan penghasilan kamu. Bank tidak akan memberikan kredit jika harga rumah terlalu mahal untuk pendapatan yang Anda peroleh. Ingat! Anda membeli rumah untuk tempat tinggal bukan untuk gaya. Sedikit tips bagi anda yang ingin rumah mewah. Pertama mungkin anda bisa membeli rumah sederhana terlebih dahulu. Seiiring berjalannya waktu anda dapat merenovasinya sesuai dengan keinginan.

  1. Memberikan Uang Muka

Agar lebih bisa diandalkan, siapkan dulu uang muka yang akan digunakan untuk membeli rumah melalui program KPR. Nah, jika uang muka sudah siap, bank akan semakin percaya diri dalam meloloskan pengajuan KPR Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu bolak-balik mencari pinjaman uang muka jika sudah siap. Besaran uang muka ini juga harus disesuaikan dengan harga rumah yang ingin anda ajukan. Namun ingat, jangan memberikan uang muka yang berlebihan, usahakan sewajarnya saja.

  1. Pendapatan Bulanan Harus Lebih Besar Dari Angsuran

Pastikan penghasilan yang Anda miliki melebihi cicilan bulanan. Bank akan lebih percaya pada kemampuan Anda membayar cicilan jika pendapatan yang Anda miliki dirasa cukup. Makanya, bank juga akan meminta biaya lain yang biasa Anda keluarkan selain membayar biaya KPR. Nah pastikan uang gaji anda memiliki sisa yang cukup untuk kebutuhan hidup dan yang lainnya. Jangan menyiksa diri dengan memaksakan kredit dan membuat anda harus tersiksa dalam waktu yang cukup lama

  1. Jangan mengajukan KPR jika Anda masih memiliki kredit lain

Usahakan untuk tidak mengajukan KPR jika Anda masih memiliki tanggungan kredit lain. Hal ini dilakukan agar Anda tidak memiliki keberatan ketika harus membayar cicilan KPR setiap bulannya. Jika ada kredit lain, Anda tidak bisa fokus melunasi cicilan KPR. Hal ini malah menjadi penyebab kredit macet dan bisa saja terkena denda atau pembatalan sepihak.

Author

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *