Pengertian Komunikasi: Fungsi, Tujuan, Syarat, Unsur, Model

4 min read

Pengertian komunikasi

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi merupakan suatu hal yang penting. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbicara, menulis surat, hingga menggunakan bahasa isyarat. Secara bahasa, komunikasi diambil dari bahasa Inggris “communication”  atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin “communicatus” yang bermakna “sama”. Lalu, apa pengertian komunikasi?

Nah, disini Tamilchill akan membahas seputar komunikasi secara lengkap beserta cara berkomunikasi yang baik.

Pengertian Komunikasi

pengertian komunikasi menurut para ahli

Secara umum, komunikasi merupakan proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua individu atau lebih secara efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, komunikasi merupakan pengiriman dan penerimaan berita atau pesan dari dua orang atau lebih supaya pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Namun, para ahli memiliki pendapat lain mengenai komunikasi. Berikut pengertian komunikasi menurut para ahli:

1. Aristoteles

Menurut Aristoteles, pengertian komunikasi adalah usaha yang berfungsi sebagai alat masyarakat dalam berperan serta dalam demokrasi.

2. Carl I. Hovland

Carl I. Hovland berpendapat, pengertian komunikasi merupakan proses yang mungkin dilakukan oleh pembawa informasi dengan maksud memberikan rangsangan kepada orang lain untuk mengubah perilakunya.

3. Raymond S. Ross

Raymond S. Ross menyatakan, pengertian komunikasi merupakan sebuah proses memilih, menyortir, atau memberi informasi kepada seseorang agar pendengar informasi tersebut memahami makna sesuai dengan apa yang dimaksudkan pemberi informasi.

4. Prof. Drs. H. A. W. Widjaja

Pengertian komunikasi menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaja adalah hubungan kontak antara manusia baik individu maupun kelompok.

5. Everett M. Rogers

Sedangkan Everett M. Rogers mengungkapkan bahwa pengertian komunikasi ialah penyaluran ide atau maksud dari sumber satu ke sumber yang lain dengan tujuan mengubah tingkah laku penerima ide.

Fungsi Komunikasi

pengertian komunikasi secara umum

Komunikasi memiliki banyak sekali fungsi dalam interaksi sehari-hari, berikut beberapa fungsi komunikasi:

1. Sebagai Alat Kendali

Komunikasi berfungsi sebagai alat kendali atau kontrol. Dengan begini, maka perilaku tiap individu dapat dikontol dengan penyampaian yang harus dipatuhi.

2. Sebagai Ungkapan Emosional

Perasaan yang ada pada diri tiap individu dapat diungkapkan kepada orang lain melalui komunikasi. Ungkapan emosi ini bisa berupa senang, marah, kecewa, sedih, gembira, dan lain-lain.

3. Sebagai Alat Motivasi

Komunikasi yang baik dan persuasif mampu meningkatkan motivasi seseorang dalam bertindak. Menyampaikan informasi yang mampu diraih dalam kehidupan, maka dapat membangun motivasi seseorang.

4. Sebagai Sumber Informasi

Melalui komunikasi, maka seseorang akan mendapatkan sebuah informasi. Baik itu antara dua individu, maupun lebih. Informasi akan didapat saat kita menerima informasi dari orang lain, begitu juga sebaliknya.

Tujuan Komunikasi

pengertian komunikasi yang baik

Tidak hanya memiliki beberapa fungsi, komunikasi juga memiliki tujuan tertentu. Berikut tujuan dari komunikasi:

1. Agar Komunikator Dipahami Komunikan

Tujuan komunikasi yang pertama adalah memastikan bahwa informasi atau pesan yang disampaikan komunikator dapat dipahami oleh orang lain (komunikan). Maka dari itu, komunikator harus menyampaikan informasi atau pesan sejelas mungkin terhadap komunikan.

2. Agar Dapat Memahami Orang Lain

Pahami maksud orang lain dengan melakukan komunikasi. Apabila hanya diam tanpa interaksi, maka kita tidak akan memahami orang lain, begitupun sebaliknya.

3. Agar Pendapat Diterima Orang Lain

Untuk menyampaikan gagasan atau ide seseorang pada orang lain, komunikasi secara persuasif seringkali dibutuhkan. Tujuannya adalah ide dan gagasan yang disampaikan dapat diterima oleh komunikan.

4. Untuk Menggerakkan Orang Lain

Apabila kita menginginkan seseorang melakukan apa yang kita inginkan, kita harus melakukan komunikasi dengan orang tersebut. Seperti contoh, saat hendak meminta bantuan, maka kita harus mengungkapkannya terlebih dahulu. Apabila tidak, maka orang tersebut tidak akan tahu kalau kita membutuhkan pertolongannya.

Syarat Komunikasi

Terdapat beberapa syarat yang nantinya dapat dikatakan sebagai komunikasi. Berikut beberapa syaratnya:

1. Komunikator (Penyampai Pesan)

Suatu kegiatan dapat dikatakan komunikasi apabila terdapat komunikator (penyampai pesan). Penyampaian pesan dapat berupa penyampaian secara langsung maupun melalui media tertentu, seperti televisi, radio, surat kabar, dan lain-lain.

2. Komunikan (Penerima Pesan)

Selain komunikator, terdapat juga komunikan yang berperan sebagai penerima pesan. Dapat berupa perorangan maupun kelompok.

3. Pesan

Terdapat pesan yang disampaikan oleh komunikator terhadap komunikan.

4. Efek

Komunikasi dapat dikatakan berhasil apabila menimbulkan efek kepada komunikan (penerima pesan). Seperti contoh, pesan yang disampaikan komunikator mampu menimbulkan reaksi atau tindakan tertentu terhadap komunikan.

Unsur Komunikasi

Terdapat beberapa elemen atau komponen komunikasi yang harus Anda ketahui. Berikut komunikasi dan unsur-unsurnya:

  • Sumber

Sebuah komunikasi dapat berlangsung apabila terdapat sumber yang mengirim atau membuat informasi. Dalam komunikasi, sumber dapat berupa individu maupun kelompok. Di zaman milenial ini, informasi dapat bersumber dari media sosial, televisi, surat kabar, dan lainnya.

  • Pesan

Pesan yang dimaksud disini adalah sesuatu yang disampaikan si pemberi pesan kepada penerima pesan. Pesan ini dapat disampaikan dengan bertatap muka secara langsung, dan dapat juga melalui media komunikasi. Pesan yang terkandung dapat berupa ilmu pengetahuan, informasi, nasihat, hiburan, dan lain sebagainya.

  • Efek atau pengaruh

Efek atau pengaruh disini adalah reaksi yang timbul dari si penerima pesan. Apakah si penerima pesan terpengaruh terhadap apa yang disampaikan si pemberi pesan, ataukah tidak.

  • Media

Media dapat dikatakan sebagai perantara untuk menyampaikan pesan dari komunikator dan komunikan. Terkait media komunikasi, terdapat beberapa media yang biasa digunakan seperti dibawah ini:

  1. Media antar pribadi: Media ini biasanya digunakan hanya untuk berkomunikasi antara dua orang saja. Seperti contoh, komunikasi antar pribadi, yaitu surat, telepon, atau kurir.
  2. Media kelompok: Media kelompok biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang dalam jumlah banyak atau kelompok. Contohnya, saat seminar, konferensi, atau rapat.
  3. Media massa: Media massa digunakan untuk menyampaikan informasi dari sumber ke khalayak umum. Misalkan media sosial, televisi, radio, koran, majalah, dan lainnya.

Model Komunikasi

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat beberapa model komunikasi yang digunakan. Berikut jenis-jenis model komunikasi:

1. Komunikasi Berdasarkan Penyampaian

  • Komunikasi Lisan (Verbal)

Pengertian komunikasi lisan adalah komunikasi yang terjalin secara langsung tanpa adanya jarak yang berarti. Seperti contoh dua orang yang sedang bercakap, wawancara kerja, dan lain sebagainya.

  • Komunikasi  Tertulis

Perkembangan teknologi saat ini, membuat banyak orang dapat berkomunikasi secara lebih mudah walaupun terpisah dengan jarak yang jauh sekalipun. Misalnya mengirimkan pesan melalui email, atau media sosial lainnya.

2. Komunikasi Berdasarkan Maksud

Komunikasi juga dapat dibedakan berdasarkan maksud dari komunikator. Kemauan dari komunikator adalah faktor utama dalam proses penyampaian pesan.

Berikut beberapa contoh komunikasi berdasarkan maksud:

  • Pemberian saran atau kritik
  • Memberikan ceramah
  • Memberikan perintah
  • Pidato
  • Wawancara

3. Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

  • Komunikasi Internal

Komunikasi internal merupakan jenis interaksi yang berada dalam batas ruang lingkup organisasi, yang mana interaksi hanya terjadi antar individu dalam organisasi tersebut saja.

Komunikasi internal dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  1. Komunikasi vertikal: Perintah atasan, teguran, arahan, dan lainnya.
  2. Komunikasi horizontal: Diskusi atau saling bertukar pikiran dengan seseorang yang memiliki posisi sama.
  • Komunikasi Eksternal

Komunikasi eksternal biasanya dilakukan oleh sebuah organisasi kepada publik, misalnya jumpa pers, program TV, bakti sosial, dan lain-lain.

4. Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi

Berdasarkan aliran informasinya, komunikasi memiliki beberapa arah dalam penyampainnya, diantaranya seperti berikut:

  • Komunikasi satu arah: Komunikasi yang datang dari satu pihak, contoh guru dan murid
  • Komunikasi dua arah: Komunikasi yang mana dua individu saling memberi pesan dan feedback satu sama lainnya
  • Komunikasi ke atas: Komunikasi yang berasal daru bawah ke atas, contoh bawahan kepada bosnya
  • Komunikasi ke samping: Komunikasi yang timbul karena adanya kesamaan kedudukan, atau dua individu yang posisinya sejajar

Demikian pengertian dari komunikasi beserta fungsi, tujuan, syarat, unsur, model, dan peran pentingnya dalam dunia bisnis. Diharapkan penjelasan diatas dapat dijadikan untuk bahan pembelajaran dan menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *