Pengertian Demokrasi: Sejarah, Ciri, Prinsip, Macam

4 min read

Pengertian demokrasi

Banyak negara mengusung sistem demokrasi sebagai bentuk pemerintahannya, salah satunya adalah Indonesia. Istilah demokrasi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu demokratia. Kata tersebut terbentuk dari kata demos yang memiliki arti rakyat, dan kratos yang memiliki arti kekuasaan. Jadi, demokrasi dapat diartikan sebagai kekuasan rakyat. Kekuasaan disini mencakup sektor ekonomi, sosial, politik, dan budaya. Lalu apa pengertian demokrasi secara umum?

Secara umum, demokrasi adalah sistem pemerintahan yang mana tiap-tiap warga negara memiliki hak setara dan seimbang untuk berkontribusi dalam pemilihan suatu keputusan yang dapat menimbulkan dampak bagi kehidupan seluruh rakyat. Dengan arti lain, rakyat bertindak sebagai pemegang kekuasaan tertinggi.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

pengertian demokrasi menurut para ahli

Walaupun bermuara pada tujuan yang sama, para ahli memiliki definisi tersendiri dalam menafsirkan demokrasi. Berikut pengertian demokrasi menurut para ahli:

1. Menurut Abraham Lincoln

Abraham Lincoln menyatakan, pengertian demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dalam artian, rakyat menjadi pemegang kekuasaan tertinggi dalam suatu pemerintahan, dan masing-masing dari mereka memiliki hak dalam memperoleh kesempatan serta hak dalam mengatur kebijakan pemerintahan.

2. Menurut Sidney Hook

Sidney Hook berpendapat, pengertian demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang mana keputusan-keputusan penting pemerintah baik secara langsung maupun tidak langsung berdasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan rakyat yang telah berusia dewasa secara bebas.

3. Menurut Charles Costello

Pengertian demokrasi menurut Charles Costello adalah sistem sosial serta politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang dibatasi oleh hukum serta kebiasaan dalam melindungi hak-hak individu warga negara.

4. Menurut H. Harris Soche

H. Harris Soche memiliki pengertian sendiri bahwa demokrasi, pengertian demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan rakyat. Dalam arti lain, rakyat menjadi pemegang kekuasaan dalam pemerintahan. Mereka memiliki hak untuk mengatur, mempertahankan, serta melindungi diri dari adanya paksaan wakil-wakil mereka yang diserahi wewenang untuk memerintah.

5. Menurut Hannry B. Mayo

Sedangkan menurut Hannry B. Mayo, demokrasi adalah suatu kebijaksanaan umum yang ditentukan oleh wakil-wakil yang secara efektif diawasi oleh rakyat melalui berbagai macam pemilihan yang dilakukan berdasarkan pada prinsip kesamaan politik serta diselenggarakan dalam suasana dimana kebebasan politik terjadi.

Apabila ingin mengetahui lebih mendalam mengenai demokrasi, berikut uraian dari Tamilchill. Sebelumnya, Tamilchill juga telah menjelaskan materi mengenai pengertian hukum.

Sejarah Demokrasi

Di zaman Yunani kuno, sistem demokrasi mulai diterapkan agar rakyat dapat berpartisipasi langsung dalam mengambil keputusan untuk keberlangsungan sebuah negara. Jadi, segala perkara kenegaraan harus dirundingkan langsung dengan rakyat.

Negara kita pernah menerapkan sistem demokrasi terpimpin pada masa pemerintahan Soekarno. Sedangkan pada pemerintahan Soeharto, disusunglah demokrasi pancasila hingga era reformasi. Sejarah demokrasi ini harus dipahami setiap warga negara.

Namun di era reformasi ini, Indonesia sudah mengarah pada arti demokrasi yang sebenarnya. Dibuktikan dengan berlangsungnya pemilihan presiden, anggota legislatif, dan kepala daerah secara langsung. Perubahan status wilayah dan pemekaran daerah juga diberikan pemerintah pusat. Hal ini semata-mata demi menjawab seluruh keinginan dan aspirasi rakyat.

Ciri-Ciri Demokrasi

Negara dapat dikatakan telah menerapkan sistem demokrasi, apabila telah mengusung ciri-ciri seperti berikut:

  • Seluruh keputusan ditetapkan oleh pemerintah

Hal ini berlandaskan atas aspirasi dan kepentingan warga negara, bukan atas kepentingan kelompok atau pribadi. Hal inilah yang dapat meminimalisir praktek korupsi.

  • Ciri konstitusional diterapkan

Hal ini berkaitan dengan kepentingan, kehendak, atau kekuasaan rakyat yang tercantum dalam undang-undang atau penetapan hukum. Hukum yang tercipta pun harus adil.

  • Memiliki perwakilan rakyat

Indonesia sendiri memiliki lembaga legislatif bernama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Segala urusan negara, kekuasaan, dan kedaulatan rakyat diserahkan pada anggota dewan. Anggota dewan merupakan orang-orang terpilih melalui pemilihan umum.

  • Menyelenggarakan pemilihan umum

Untuk menjalankan roda pemerintahan, pesta rakyat harus digelar untuk menunjuk pemimpin atau perwakilan pemerintahan.

  • Adanya sistem kepartaian

Partai merupakan sarana untuk menjalankan sistem demokrasi. Partai menjadi wakil rakyat untuk memilih pemimpin yang diharapkan dapat bersikap adil dan bijaksana.

Prinsip Demokrasi

Setidaknya terdapat 7 hal prinsip demokrasi, berikut penjelasannya:

1. Negara berdasarkan konstitusi

Prinsip ini berdasarkan UUD (Undang-Undang Dasar) atau hukum yang telah ditetapkan. Konstitusi ini dijadikan landasan dalam berbangsa dan bernegara, memiliki fungsi dalam membatasi kewenangan pemerintah dan hak rakyat terpenuhi. Dengan begini, maka rakyat tidak akan mendapat perlakuan yang semena-mena dari penguasa.

2. Penegakan hukum

Penegakan hukum tidak boleh pandang bulu atau berat sebelah guna tercapainya kebenaran dan keadilan. Oleh karena itu, setiap individu memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. Jadi, setiap pelanggaran hukum akan mendapat sanksi tegas.

3. Kebebasan berpendapat dan berserikat

Tiap warga negara tentu bebas untuk membentuk organisasi atau berserikat, dan tidak membatasi dalam mengeluarkan pendapat. Namun, semua ini harus dilakukan dengan bijak.

4. Peradilan tidak memihak dan bebas

Netralisasi disini sangat diperlukan untuk melihat suatu permasalahan dengan tepat dan jernih. Dalam hal ini, pemerintah tidak dapat campur tangan karena sistem pemerintah menganut peradilan bebas. Sehingga hakim dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik, dan dapat menentukan keputusan seadil-adilnya dalam setiap perkara.

5. Pergantian pemerintahan secara berkala

Pergantian pemerintahan secara berkala sangat penting agar kekuasaan tidak digunakan sewenang-wenang. Hal ini berfungsi untuk mencegah kemungkinan terjadinya korupsi, kolusi, dan juga nepotisme. Pemilihannya pun harus ditempuh dengan jujur dan adil guna menghasilkan pemimpin yang dapat dipercaya dan diandalkan.

6. Jaminan atas Hak Asasi Manusia

Sistem demokrasi dapat dikatakan berhasil apabila dibarengi dengan perlindungan HAM. Hal ini karena hak dasar manusia telah melekat, sehingga negara harus menghargainya dengan tidak melakukan pelanggaran HAM.

7. Kebebasan pers

Untuk menyalurkan aspirasi rakyat, maka dibutuhkan kritik dan saran kepada pemerintah sebagai pemuat kebijakan publik. Dengan fungsi lain sebagai sarana untuk menjalin komunikasi antara rakyat dengan pemerintah.

Macam-Macam Demokrasi

ciri ciri demokrasi

Macam-macam demokrasi dapat dilihat dari penyaluran kehendak rakyat dan dari fokus perhatiannya.

Model Demokrasi Berlandasarkan pada Penyaluran Kehendak Rakyat

1. Direct Democracy (Demokrasi Langsung)

Rakyat secara langsung terlibat dalam sistem pemerintahan ini. Khususnya dalam pengambilan keputusan, seperti pemilu (pemilihan umum).

2. Indirect Democracy (Demokrasi Tidak Langsung)

Sedangkan sistem pemerintahan ini tidak melibatkan warga negara mengambil keputusan secara langsung. Contoh, keputusan dalam perumusan yang ditetapkan oleh wakil rakyat (DPR, DPD, dan DPRD).

Model Demokrasi Berlandaskan Fokus Perhatian

1. Demokrasi Formal

Sistem ini sangat fokus di sektor politik, dan tidak mengurangi kesenjangan ekonomi sedikit pun.

2. Demokrasi Material

Sistem ini sangat fokus pada bidang ekonomi, dan tidak mengurangi kesenjangan politik sedikit pun.

3. Demokrasi Gabungan

Sistem ini merupakan gabungan atau kolaborasi dari demokrasi formal dan demokrasi material.

Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi

Berikut kelebihan beserta kekurangan yang timbul dari demokrasi.

Kelebihan Demokrasi

  • Menghindari adanya monopoli kekuasaan
  • Kesamaan hak mengakibatkan masing-masing masyarakat boleh ikut ambil bagian terkait sistem politik
  • Penerima kekuasaan ditentukan berdasarkan keinginan serta suara rakyat

Kekurangan Demokrasi

  • Berkurangnya fokus konsentrasi pemerintah yang masih menjabat, lantaran mendekati pemilihan umum selanjutnya
  • Mudah goyahnya kepercayaan rakyat akibat efek-efek yang bersifat negatif. Dan contohnya, media yang tidak objektif atau subjektif terkait penyampaian informasi pemerintahan
  • Dinilai tidak adil terkait persamaan hak, sebab menurut para ahli masing-masing orang memiliki pemahaman politik yang tidak sama persis

Contoh Negara Demokrasi

pengertian demokrasi secara umum

Berikut beberapa negara yang mengusung sistem demokrasi:

  • Indonesia

Pada tahun 2014 lalu, partisipan pemilu di Indonesia mencapai 190 juta jiwa. Dan di pemilihan berikutnya, jumlah suara diprediksi akan semakin bertambah.

  • Amerika Serikat

Amerika Serikat sudah menjadi negara adikuasa. Jumlah peserta pemilu kurang lebih mencapai 250 juta jiwa, tentu bukan angka yang sedikit. Hal ini menunjukkan betapa antusiasnya masyarakat disan dalam mengikuti pemilu.

  • India

India mengusung sistem demokrasi liberal. Pada saat proses berlangsungnya pemilu, keamanan disana benar-benar terjaga secara aman, dan sistem yang digunakan benar-benar efisien.

  • Brazil

Di negara Brazil, partisipan pemilu menyentuh angka 140 juta jiwa. Pelaksanaan pemilihan umum disana dilakukan 4 tahun sekali, berbeda dengan Indonesia yang melaksanakan pemilihan umum setiap lima tahun sekali.

  • Pakistan

Konsep pemerintahan republik Islam diusung oleh negara ini. Namun begitu, pemerintah masih menggunakan sistem demokrasi melalui pemilihan umum.

  • Nigeria

Nigeria menerapkan pemilihan umum terakhir pada tahun 2015 lalu, negara ini mengusung konsep pemerintahan republik Federal. Penentuan di negara ini diterapkan bertepatan dengan pemilihan presiden dan parlemen pemerintahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *