Pengertian Budaya: Macam, Ciri, Fungsi, Unsur, Wujud, Faktor

3 min read

Pengertian budaya

Dalam kehidupan, manusia tidak pernah lepas dari budaya dan adat istiadat. Keberadaan budaya amatlah penting, karena berfungsi sebagai identitas dan ciri khas. Tidak heran, setiap kelompok atau golongan masyarakat tertentu memiliki budaya yang berbeda-beda. Lalu, apa pengertian budaya?

Secara bahasa, kebudayaan diambil dari bahasa Sansekerta, yaitu “Buddhayah” yang bermakna hal-hal yang memiliki arti budi dan akal manusia. Secara garis besarnya, dengan budi dan akal, maka manusia dapat melangsungkan kehidupan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai budaya, berikut akan Tamilchill jelaskan.

Pengertian Budaya

Pengertian budaya secara umum adalah suatu cara hidup yang terdapat pada sekelompok manusia, yang berkembang dan diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi berikutnya.

Ada juga yang berpendapat bahwa budaya adalah suatu pola hidup yang tumbuh dan berkembang pada sekelompok manusia yang mengatur agar setiap individu mengerti apa yang harus dilakukan, dan untuk mengatur tingkah laku manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

pengertian budaya secara umum

Para ahli memiliki pendapat masing-masing mengenai budaya, berikut pengertian budaya menurut para ahli dalam bukunya:

1. Koentjaraningrat

Pengertian budaya menurut Koentjaraningrat adalah keseluruhan perilaku dari manusia dan hasil yang diperoleh melalui proses belajar dan segalanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.

2. Edward Burnett Tylor

Dalam bukunya “Primmitive Culture”, Tylor menjelaskan bahwa pengertian budaya merupakan keseluruhan yang kompleks dan rumit, dimana didalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, hukum, moral, adat-istiadat, maupun kemampuan lainnya, serta kebiasaan-kebiasaan yang diperoleh dari manusia dalam kehidupan dan posisinya sebagai anggota masyarakat.

3. Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara, budaya merupakan suatu hasil dari perjuangan masyarakat terhadap alam dan juga terhadap zaman yang mana membuktikan suatu kemakmuran serta kejayaan dari kehidupan masyarakat pada saat menghadapi suatu kondisi yang sulit dan rintangan untuk bisa mencapai suatu kemakmuran serta kebahagiaan dalam kehidupan.

4. Linton

Lintoh berpendapat bahwa pengertian budaya yaitu sikap pola dan pengetahuan yang mana menjadi kebiasaan untuk dilakukan yang di peroleh dari warisan suatu anggota masyarakat secara keseluruhan.

5. Branislaw Malinowski

Sedangkan Branislaw Malinowski mengemukakan bahwa pengertian budaya adalah kesatuan unit terorganisir yang terbagi ke dalam dua aspek fundamental, yaitu seprangkat artefak dan sistem adat istiadat.

Macam-Macam Budaya

Roy T. Cogdell dan K.S. Sitaram telah membagi kebudayaan dunia dalam lima kategori. Berikut macam-macam kebudayaannya:

  1. Kebudayaan Islam.
  2. Kebudayaan Timur yang telah didominasi Hindu dan Buddha.
  3. Kebudayaan Barat (orang kaukasia yang sudah tinggal di Eropa dan Amerika).
  4. Kebudayaan orang kulit hitam amerika.
  5. Kebudayaan Afrika.

Ciri-Ciri Budaya

wujud budaya

Berikut ciri-ciri yang menjadi tanda dari budaya atau kebudayaan:

  • Budaya bukan bawaan, namun dipelajari
  • Budaya memposisikan dirinya melalui simbol
  • Budaya dapat disampaikan dari orang ke orang, dari kelompok ke kelompok, dan dari generasi ke generasi
  • Budaya bersifat selektif, merepresentasikan pola-pola perilaku pengalaman manusia yang jumlahnya terbatas
  • Budaya bersifat dinamis, suatu sistem yang terus berubah sepanjang waktu
  • Berbagai unsur budaya saling berkaitan
  • Etnosentrik (menganggap budaya sendiri sebagai yang terbaik atau standar untuk menilai budaya lain)

Fungsi Kebudayaan

fungsi budaya

Kebudayaan memiliki fungsi yang paling utama, yaitu untuk dapat mempelajari warisan yang berasal dari nenek moyang, apakah warisan itu baik untuk tetap digenggam erat atau mesti diperbaharui ataau harus ditinggal jika itu merusak.

Budaya dan unsur yang terkandung didalamnya terikat oleh waktu dan bukan menjadi kuantitas yang statis. Budaya akan tetap berubah, entah seberapa lamban perubahan tersebut. Kecepatan atau kelambanan perubahan tergantung dari seberapa jauh kekuatan kebudayaan dan seberapa besar intensitas interaksinya terhadap budaya lainnya.

Berikut beberapa fungsi dari budaya:

  • Meningkatkan rasa nasionalisme
  • Timbul rasa toleransi dan empati
  • Masyarakat menjadi lebih saling menghargai
  • Sarana untuk menjalin sosialisasi
  • Media belajar
  • Dan lain-lain

Unsur-Unsur Budaya

Budaya memiliki unsur tersendiri, mulai dari unsur religi, bahasa, sistem pengetahuan, peralatan hidup dan teknologi, kemasyarakatan, mata pencaharian, dan kesenian. Berikut kami sertakan juga penjelasannya:

1. Sistem Religi

Sistem religi atau kepercayaan yaitu hal yang menyangkut atau berkaitan dengan keyakinan. Unsur dari sistem religi adalah salah satu unsur kebudayaan yang amat sangat penting di sebuah kehidupan. Sistem ini berfungsi sebagai pengatur kehidupan di antara manusia dan juga sang pencipta.

2. Bahasa

Bahasa merupakan sebuah pengucapan indah dalam suatu elemen budaya atau kebudayaan yang mampu menjadi alat perantara utama bagi manusia untuk meneruskan atau mengadaptasikan kebudayaan. Terdapat dua macam bentuk bahasa, yaitu bahasa lisan dan bahasa tulisan.

3. Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan membahas pada ilmu pengetahuan tentang kondisi alam di sekeliling manusia dan sifat-sifat peralatan yang dipakainya. Sistem pengetahuan meliputi ruang pengetahuan tentang alam sekitar, flora dan fauna, tubuh manusia, waktu, sifat dan tingkah laku sesama manusia, ruang dan bilangan, dan lain-lain.

4. Peralatan Hidup dan Teknologi

Jumlah keseluruhan teknik yang dimiliki oleh suatu masyarakat. Meliputi cara bertindak dan berbuat secara keseluruhan. Hal ini berkaitan dengan pengumpulan dan pemrosesan bahan mentah untuk dibuat suatu alat kerja, pakaian, transportasi ,dan kebutuhan lain berupa benda material.

5. Sistem Kemasyarakatan

Sistem kemasyarakatan adalah sekelompok masyarakat yang anggotanya merasa satu dengan sesamanya. Hal ini merupakan salah satu unsur pewarisan budaya yang juga amat sangat penting di dalam sebuah struktur sosial. Unsur inilah ayang akan menghitung suatu garis keturunan dari hubungan perkawinan serta hubungan darah.

6. Sistem Mata Pencaharian

Sistem mata pencaharian merupakan segala usaha manusia untuk mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Sistem mata pencaharian hidup atau sistem ekonomi meliputi, berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, peternakan, perikanan, atau perdagangan.

7. Kesenian

Kesenian  bisa diartikan sebagai segala hasrat manusia terhadap keindahan. Bentuk keindahan yang beraneka ragam timbul dari imajinasi kreatif yang dapat memberi kepuasan batin bagi manusia. Secara garis besarnya, bentuk kesenian terbagi dalam tiga garis besar, yaitu seni rupa, seni suara, dan seni tari.

Wujud Budaya

Terdapat 3 wujud kebudayaan, apa saja itu? Berikut kami jelaskan wujud dari budaya:

1. Ide atau Gagasan

Ide atau gagasan merupakan sebuah pola pikir. Pola pikir terbentuk dari kumpulan ide-ide yang bersifat abstrak. Dengan kata lain, manusia memiliki ekspektasi terhadap segala hal yang mereka lihat dan jalani dalam kehidupan sehari-hari.

2. Aktifitas

Aktivitas adalah salah suatu kegiatan maupun sebuah tindakan yang mana nantinya terjadinya interaksi antar individu di dalam masyarakat. Aktivitas bersifat konkrit yang dapat diamati dan didokumentasikan.

3. Hasil Budaya

Hasil budaya adalah suatu peninggalan yang berbentuk hasil karya, benda, atau fisik. Hasil budaya bersifat paling konkrit diantara kedua wujud yang lainnya.

Faktor Budaya

Proses terbentuknya suatu kebudayaan dipengaruhi oleh banyak faktor, baik pendorong maupun penghambat. Berikut beberapa faktornya:

Faktor Pendorong Budaya

  • Adanya niat untuk melestarikan budaya
  • Timbul dan tertanam dalam hati rasa cinta pada budaya
  • Masih terdapat generasi penerus yang siap untuk melanjutkan budaya
  • Adanya perubahan dalam lingkungan hidup yang dapat mendukung berkembangnya budaya
  • Tetap menjaga kelestarian budaya agar tidak lenyap

Faktor Penghambat Budaya

  • Banyaknya budaya asing yang masuk dan berpotensi menggeser budaya lokal
  • Generasi penerus yang sudah tidak perduli dengan budaya
  • Tidak timbul rasa untuk kembali melestarikan budaya
  • Menganggap budaya sebagai suatu hal yang kuno, dan membiarkannya lenyap atau hilang

Contoh Budaya di Indonesia

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan budayanya. Berikut contoh budaya-budaya yang terdapat di Indsonesia.

  • Rumah adat papua
  • Musik dangdut
  • Musik keroncong
  • Ngaben
  • dan lain-lain

Itulah pembahasan mengenai pengertian budaya. Selalu tanamkan rasa cinta budaya agar kebudayaan tetap terjaga kelestariannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *