Kata Pengantar Skripsi: Unsur, Struktur, Contoh

5 min read

kata pengantar skripsi

Dalam membuat skripsi, tentu Anda membutuhkan sebuah kata pengantar skripsi. Kata pengantar merupakan halaman yang berisikan ucapan-ucapan dari penyusun atas selesainya karya tulis. Umumnya, kata pengantar berisikan rasa terimakasih, ucapan rasa syukur, tujuan, dan manfaat dari penulisan serta kritik dan saran yang membangun.

Selain itu, kata pengantar juga berisikan kalimat penjelasan dan pengharapan yang berkaitan dengan tema yang dibahas oleh si penyusun. Langsung saja, disini Tamilchill akan menjelaskan unsur, struktur, cara penulisan, dan juga contoh kata pengantar skripsi.

Unsur Kata Pengantar Skripsi

Kata pengantar skripsi harus mengandung beberapa unsur, yang diantaranya yaitu:

  • Ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Penjelasan tentang dibuatnya tugas penulisan skripsi
  • Penjelasan mengenai pelaksanaan penulisan skripsi
  • Penjelasan adanya bantuan, bimbingan, dan arahan dari pihak-pihak yang dianggap membantu. Misalnya kepada seseorang, sekelompok orang, atau organisasi/lembaga
  • Ungkapan rasa terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu
  • Penulisan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penyusun skripsi tanpa dibubuhi tanda tangan
  • Harapan penulis atas karangan tersebut
  • Manfaat bagi pembaca serta kesediaan dalam menerima kritik dan saran

Struktur Kata Pengantar Skripsi

kata pengantar skripsi uin jakarta

Kata pengantar skripsi juga memiliki struktur berupa:

  • Pembukaan

Di bagian pembukaan, yaitu pada paragraf pertama hingga kedua, berisi tentang ucapan rasa syukur penyusun atas selesainya karya tulis yang dibuat. Umumnya, orang-orang mengucapkan rasa terimakasih yang ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan disesuaikan oleh agama masing-masing. Seperti contoh dalam agama Islam, rasa syukur tentunya ditujukan kepada Allah SWT sang pencipta alam.

Setelah ungkapan rasa syukur, umumnya dilanjutkan dengan ucapan terimakasih yang telah membantu dalam proses penyelesaian karya tulis. Untuk urutannya, biasanya disesuaikan dengan besarnya partisipasi pihak atas selesainya karya tulis. Misal dalam pembuatan skripsi, nama yang pertama disebutkan adalah ucapan terimakasih kepada orang tua. Setelah itu, diikuti dengan pihak-pihak yang ikut andil dakam menulis skripsi.

  • Isi

Bagian isi berisikan gambaran dari tema yang dibahas. Biasanya, diawali dengan judul pada skripsi yang kemudian diikuti dengan sedikit pembahasan dan bagaimana si penyusun menulis karya tulis tersebut.

Hal yang harus diperhatikan pada bagian isi adalah jangan ditulis terlalu detail, karena hanya membuat kata pengantar menjadi terlalu panjang. Cukup tuliskan poin-poin yang dapat mengarahkan pandangan pembaca terhadap karya tulis yang Anda buat.

  • Penutup

Pada bagian penutup diisi dengan permohonan maaaf beserta harapan si penyusun karya tulis. Permohonan ini biasanya ditujukan kepada pembaca pada suatu hari apabila menemukan beberapa keslaahan dari karya tulis yang Anda buat. Hal ini karena seseorang memang tidak akan luput dari yang namanya kesalahan dan juga kekurangan.

Sedangkan untuk harapannya, Anda dapat menuliskan mengenai beberapa pandangan lebih lanjut dari tema yang diangkat dalam skripsi. Nantinya, tema tersebut dapat diangkat lagi baik dalam bentuk karya tulis baru dan dalam sudut pandang berbeda.

Tamilchill juga mengulas mengenai penulisan gelar.

Cara Penulisan Kata Pengantar Skripsi

Penulisan kata pengantar sejatinya timbul dari curahan hati si penulis. Nah, tentunya Anda perlu mengetahui cara penulisan yang benar agar nantinya tidak bergantung pada contoh yang akan kami paparkan selanjutnya.

Kembali ke kata pengantar, sangat disarankan pada bagian awalnya berisi ungkapan syukur dan pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh: Alhamdulillah, puji syukur, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, berikan sedikit penjelasan singkat mengenai materi dari karya tulis yang Anda buat. Sertakan juga tujuan dan maksud Anda membuat karya tulis tersebut.

Selain itu, tuliskan ungkapan terima kasih kepada orang-orang yang berpengaruh dalam pembuatan karya tulis.

Contoh: Keluarga, dosen, sahabat, teman, dan lain sebagainya.

Anda juga dapat menuliskan keinginan apa saja yang diharapkan melalui penulisan karya tulis yang Anda susun.

Sedangkan pada bagian akhir, tuliskan juga permohonan maaf apabila terdapat kekurangan atau kesalah pada karya tulis yang Anda buat. Kemudian, mintalah kepada pembaca supaya berkenan untuk memberikan saran dan kritik yang membangun terhadap karya tulis Anda.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Berikut kami sajikan contoh kata pengantar skripsi yang dapat dijadikan referensi dalam membuat skripsi.

Contoh Kata Pengantar Skripsi (1)

kata pengantar skripsi untuk suami

KATA PENGANTAR

Alhamdullilah, berkat Hidayah dan Ridho-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Skripsi ini merupakan tugas akhir penulis untuk memenuhi sebahagian persyaratan guna mencapai gelar Sarjana Pendidikan Sekolah Dasar.

Penulis menyadari dalam penyelesaian skripsi ini banyak pihak yang telah membantu, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih yang setinggi-tingginya dan tak terhingga kepada yang terhormat :

  1. Bapak Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si. selaku Rektor Universitas Negeri Medan.
  2. Bapak Drs. Nasrun, M.S. selaku Dekan Fakultas ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.
  3. Bapak Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd dan Bapak Drs. Eidi Sihombing, M.S. selaku Ketua dan Sekretaris Program Sarjana Kependidikan Guru Dalam Jabatan (PSKGJ) Universitas Negeri Medan.
  4. Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sumatera Utara.
  5. Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota Medan.
  6. Bapak Bapak Prof. Dr. Abdul Hamid, K. M.Pd. selaku dosen pembimbing skripsi yang telah banyak memberikan masukan dan saran-saran kepada peneliti sejak awal pembuatan skripsi sampai kepada terselesaikannya skripsi ini.
  7. Bapak Drs. Basyaruddin Daulay, M.Kes. (Dosen Penguji I), Bapak Drs. Kustoro Budiarta, M.E. (Dosen Penguji II), dan Bapak Prof. Drs. Motlan, M.Sc. Ph.D. (Dosen Penguji III).
  8. Bapak Syamsul Gultom, M.Kes. selaku Korwil Medan.
  9. Seluruh civitas akademika Universitas Negeri Medan yang telah memberikan pengetahuan dan jasanya kepada penulis selama mengikuti perkuliahan.
  10. Bapak Syahputra S.Pd, M.M. selaku Kepala Sekolah SD Negeri 060955 Medanmarelan, yang telah banyak membantu peneliti selama penelitian.
  11. Orang yang teristimewa dalam hidupku suami tercinta Syahputra, S.Pd, M.M. yang turut memberi dukungan baik moril maupun materil yang sangat mendorong penulis untuk terus berusaha dalam menyelesaikan skripsi ini demi terwujudnya cita-cita untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan di UNIMED.
  12. Semangat dan dorongan serta do`a dari anak-anak saya selama masa pendidikan: 1. Rahayu Pratiwi Putri. 2. Maulana Permadi Putra. 3. Amanda Permata Putri, yang telah terabaikan kasih sayangnya selama penulis menyelesaikan skripsi ini.
  13. Kepada para sahabat yaitu: M.Syafrizal, Nazrul Sahmaini Rambe, Faizah, dan seluruh teman-teman kuliah di PSKGJ UNIMED terima kasih atas saran dan do’a yang diberikan serta kepada teman-teman yang tidak dapat disebutkan satu persatu, peneliti ucapkan terima kasih, semoga Allah selalu memberikan rahmatnya kepada kita semua.

Akhirnya penulis mengharapkan skripsi ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan mahasiswa dan para pembaca sekalian. Semoga allah SWT selalu melimpahkan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua.

 

Medan, November 2017

                                                            (Nurdaliana Barus)

Contoh Kata Pengantar Skripsi (2)

kata pengantar skripsi pdf

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW yang mengantarkan manusia dari zaman kegelapan ke zaman yang terang benderang ini. Penyusunan skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi sebagian syarat-syarat guna mencapai gelar Sarjana Ekonomi di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Penulis menyadari bahwa penulisan ini tidak dapat terselesaikan tanpa dukungan dari berbagai pihak baik moril maupun materil. Oleh karena itu, penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan skripsi ini terutama kepada:

  1. Kedua orang tua, ayahanda tercinta Benny Hilman dan ibunda tersayang Yuli Eka Sari yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materil serta doa yang tiada henti-hentinya kepada penulis.
  2. Segenap keluarga dan teman yang telah menyemangati dan membantu penyelesaian skripsi ini.
  3. Bapak Prof. Dr. Abdul Hamid, M.S. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  4. Bapak Ahmad Dumyathi Bashori, M.A. selaku Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  5. Ibu Titi Dewi Warninda, S.E. M.Si. selaku Sekretaris Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  6. Bapak Prof. Dr. Abdul Hamid, M.S. selaku dosen Pembimbing Skripsi I yang telah berkenan memberikan tambahan ilmu dan solusi pada setiap permasalahan atas kesulitan dalam penulisan skripsi ini.
  7. Ibu Ela Patriana, M.M. selaku dosen Pembimbing Skripsi II yang telah bersedia membimbing dan mengarahkan penulis selama menyusun skripsi dan memberikan banyak ilmu serta solusi pada setiap permasalahan atas kesulitan dalam penulisan skripsi ini.
  8. Seluruh Bapak/Ibu dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah memberikan pengetahuan yang sangat bermanfaat selama masa perkuliahan.
  9. Seluruh teman-teman seangkatan, terutama kelas Manajemen D Angkatan 2014 dan Marketing Angkatan 2014 yang selalu mengisi hari-hari menjadi sangat menyenangkan.
  10. Seluruh staf dan karyawan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah memberikan bantuan kepada penulis.
  11. Selfi Stefani, yang telah membantu dan memberikan semangat setiap harinya dalam penyelesaian skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna dikarenakan terbatasnya pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki penulis. Oleh karena itu, penulis mengharapkan segala bentuk saran serta masukan bahkan kritik yang membangun dari berbagai pihak. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan semua pihak khususnya dalam bidang manajemen pemasaran.

Jakarta, September 2018

(Muhammad Noer Ichbal Hilman)

Contoh Kata Pengantar Skripsi (3)

kata pengantar skripsi doc

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan rahmat serta inayah-Nya, yang karena-Nya, penulis diberikan kekuatan dan kesabaran untuk menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “Kiat-Kiat Meningkatkan dan Mengembangkan Bahasa Lewat Media Kartu Bergambar di Taman Kanak-Kanak PGRI”.

Adapun pengajuan skripsi ini ditujukan sebagai pemenuhan beberapa ketentuan kelulusan pada jenjang perkuliahan Strata I Universitas Pendidikan Indonesia Malang. Lewat penyusunan skripsi ini tentunya penulis mengalami beberapa hambatan, tantangan serta kesulitan, namun karena binaan dan dukungan dari semua pihak, akhirnya semua hambatan tersebut dapat teratasi.

Melalui penyusunan skripsi ini tentunya penulis sadar akan banyak ditemukan kekurangan pada laporan ini. Baik itu dari segi kualitas maupun dari segi kuantitas bahan observasi yang penulis tampilkan.

Dengan sepenuh hati, penulis pun sadar bahwa skripsi ini masih penuh dengan kekurangan dan keterbatasan, oleh sebab itu penulis memerlukan saran serta kritik yang membangun yang dapat menjadikan skripsi ini lebih baik.

Selanjutnya penulis mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada segenap pihak yang telah memberikan dukungan, baik itu berupa bantuan, doa maupun dorongan, dan beragam pengalaman selama proses penyelesaian penulisan skripsi ini.

Terakhir, tentunya penulis berharap setiap bantuan yang telah diberikan oleh segenap pihak dapat menjadi ladang kebaikan. Dan semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat dan berguna bagi kemajuan pendidikan usia dini.

Kediri, 18 Mei 2018

(Ikram Mardi)

Demikianlah pembahasan mengenai kata pengantar skripsi beserta unsur, struktur, cara penulisan, dan contohnya. Untuk contoh nomor 1, jika diamati lagi cukup romantis juga jika digunakan dalam kata pengantar skripsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *