Hukum Newton: Pengertian, Bunyi Hukum, Rumus Hukum Newton

1 min read

Hukum newton

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya untuk mengetahui cerita singkat dibalik hukum newton terlebih dahulu. Hukum ini muncul berkat filusuf matematika dan fisika yang bernama Sir Isaac Newton. Penemu asal Inggris tersebut membukukan pemikirannya mengenai teori hukum gerak dan gravitasi dalam dunia keilmuan fisika pada tahun 1687.

Setelah mengetahui cerita singkat tersebut, Tamilchill akan menjelaskan mengenai hukum newton.

Pengertian

Hukum Newton merupakan tiga hukum fisika yang mendasari mekanika klasik. Hukum ini memberikan gambaran mengenai hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya.

Bunyi Hukum

pengertian hukum newton

Hukum 1 Newton

Bunyi: Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap.

Apabila resultan gaya nol, maka pusat massa dari suatu benda tetap diam, atau bergerak dengan kecepatan konstan.

Hukum 2 Newton

Bunyi: Percepatan (perubahan dari kecepatan) dari suatu benda akan sebanding dengan resultan gaya (jumlah gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massa benda.

Jadi, massa suatu benda sangat berpengaruh pada gaya dalam suatu sistem. Tambahan atau kurangan massa akan menghasilkan suatu perubahan.

Hukum 3 Newton

Bunyi: Setiap aksi akan menimbulkan reaksi, jika suatu benda memberikan gaya pada benda yang lain maka benda yang terkena gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima dari benda pertama, tetapi arahnya berlawanan.

Maksud dari bunyi tersebut yaitu suatu benda baru akan berinteraksi apabila ada yang memberinya gaya, bentuk interaksi tersebut dengan membalas gaya yang telah diberikan ke pada benda tersebut ke arah sebaliknya. Hukum ini disebut juga dengan hukum aksi-reaksi.

Sebelum mengupas lebih dalam, baca juga artikel mengenai jangka sorong.

Rumus Hukum dan Contohnya

materi hukum newton

Hukum 1 Newton

Rumus:

∑F=0 yaitu resultan gaya (Kg m/s2).

Contoh:

  • Saat sedang mengerem kendaraan mobil atau motor, maka tubuh kita akan terdorong ke depan
  • Ketika seseorang menginjak pedal gas, maka tubuh akan terdorong ke belakang
  • Apabila kertas yang berada dibawah gelas ditarik dengan cepat, maka gelas tetap diam karena resultan gayanya sebesar nol

Hukum 2 Newton

Rumus:

∑F=m.a

Keterangan:

F = Gaya (N)
m = Massa (Kg)
a = Percepatan (m/s2)

Contoh:

  • Kerbau besar mendorong kerbau kecil sehingga kerbau kecil tersebut terpental
  • Truk yang membawa massa (benda) sedikit, maka dapat mendapat percepatan yang lebih besar dibandingkan truk yang membawa muatan lebih banyak
  • Seseorang yang mendorong sepeda dengan kekuatan tertentu, maka sepeda tersebut akan berjalan dengan suatu percepatan tertentu

Hukum 3 Newton

Rumus:

Faksi = -Freaksi

Contoh:

  • Saat tangan menekan hidung, maka hidung juga menekan tangan
  • Ketika tangan kita memukul meja, maka tangan kita akan merasakan sakit. Hal ini karena meja memberikan gaya dorong sebagai reaksi ke tangan
  • Pada saat roket menyemburkan gas panas ke bawah, maka bahan bakar roket tersebut akan mendorong roket menuju ke atas

Itulah rangkuman materi hukum gerak newton, diharapkan dapat menjadi media belajar Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *