Cerita Fantasi: Struktrur, Contoh

2 min read

cerita fantasi

Cerita fantasi adalah sebuah cerita fiksi yang mengandung unsur imajinatif dari sang penulis. Umumnya, struktur berupa setting, alur, penokohan, dan lain sebagainya akan dibuat berlebihan yang mana tidak pernah terjadi di dunia nyata.

Cerita fantasi banyak digemari oleh anak karena imajinasinya akan bermain disana. Selain itu, cerita ini juga kerap dibaca oleh orang dewasa sebagai hiburan tersendiri. Untuk lebih lengkapnya, Tamilchill akan mengurainya seperti dibawah ini.

Struktur Cerita Fantasi

cerita fantasi lucu

Cerita fantasi memiliki struktur yang hampir mirip dengan teks narasi yaitu oritentasi, konflik, resolusi, dan ending. Namun, tidak semua struktur tersebut tercakup dalam cerita fiksi atau fantasi. Hal ini dikarenakan pembaca tidak terlalu mempedulikan struktur tersebut, namun lebih ke imajinatifnya.

1. Orientasi

Orientasi pada cerita atau teks fantasi adalah pengenalan umum yg meliputi tokoh, tempat, latar, konflik didalam cerita. Terdapat juga 3 pengembangan pada bagian orientasi, yaitu deskripsi latar, pengenalan konflik, dan pengenalan tokoh.

2. Konflik

Konflik adalah bagian klimaks pada cerita dimana pembaca cenderung akan terus ingin mengetahui kelanjutan dari cerita tersebut. Pada bagian konflik, tokoh akan dominan sering dimunculkan.

3. Resolusi

Resolusi adalah penyelesaian dari masalah yang sedang terjadi pada cerita. Pada bagian resolusi, konflik akan mereda berkat masuknya penengah atau orang yang bijaksana sebagai pengakhir konflik. Di bagian ini sangat mempengaruhi nantinya akhir cerita akan bagaimana.

4. Ending

Ending menjadi pertanda bahwa cerita fantasi benar benar telah selesai, diartikan sebagai penutup dari sebuah cerita. Biasanya, tokoh berwatak baik akan hidup bahagia atau happy ending, sedangkan tokoh berwatak buruk akan berakhir sad ending. Disinilah tujuan dari cerita yang digambarkan.

Contoh Cerita Fantasi

Terdapat banyak sekali contoh cerita fantasi seperti doraemon, peri, kerajaan, anak rembulan, dan lain sebagainya. Disini kami akan memberikan contoh cerita fiksi atau fantasi untuk mengembangkan imajinasi anak, maupun hiburan untuk orang dewasa.

1. Jina yang Suka Membantu

cerita fantasi pendek

Orientasi

Di sebuah rumah tua di pinggir kota, hiduplah seorang tukang sepatu yang sangat tua. Ia memelihara kucing betina yang diberi nama Jina. Bulunya hitam legam dengan ekor yang pendek. Jina selalu duduk di samping pak tua, memperhatikan beliau bekerja. Dari membuat pola, memotong bahan, hingga menjahit sepatu.

Konflik

Pagi itu, pak tua yang Jina tunggu belum datang juga. Jina melihat tumpukan sepatu yang baru setengah jadi di meja kerja pak tua. Tiba-tiba pintu terbuka dan pak tua masuk sambil terbatuk-batuk. Wajahnya pucat dan jalannya sempoyongan. Setelah mengelus bulu Jina untuk menyapa, pak tua mulai bekerja lagi.

Tak lama kemudian, pintu ada yang mengetuk. Dengan pelan pak tua membuka pintu.

“Pak, sepatunya bisa selesai kapan? Bapak sudah mundur 3 hari dari perjanjian,” kata tamu itu dengan suara tinggi.

“Maaf, Pak. Akan saya selesaikan segera. Besok bisa Bapak ambil,” kata pak tua sambil terbatuk-batuk.

“Baik! Saya harap besok sudah jadi. Bila belum juga, saya minta uang saya dikembalikan!” kata tamu itu berlalu tanpa pamit.

Pak tua kembali bekerja sambil terbatuk-batuk dan sesekali menyeka keringatnya. Jina mengawasinya. Dia sungguh berharap dapat membantu pak tua bekerja.

Resolusi

Tiba-tiba “Brukkkkk!” Pak tua terjatuh dari kursinya. Jina mendekatinya. Pak tua tampak seperti sedang tertidur. Lama pak tua berbaring di lantai dan tak kunjung jua bangun. Jina menatapnya sedih. Dia menatap kedua pasang kakinya, berharap dapat membantu pak tua. Tanpa terasa air mata Jina menetes dan membasahi kaki depannya.

Dari kaki depannya muncul seberkas cahaya yang berpendar-pendar. Tiba-tiba jari-jarinya memanjang dan terasa tidak kaku. Jina menggerakkannya dan jari-jari kakinya dapat menarik baju pak tua. Segera Jina menggambil jarum dan benang sepatu. Dia menjahit sepatu yang tadi dikerjakan pak tua. Dengan cepat sepatu itu selesai. Dan kemudian Jina mengambil sepatu lainnya. Tanpa terasa, Jina telah menyelesaikan 10 sepatu dengan cepat.

Kemudian Jina mengambil kertas dan sepatu. Dia menulis sesuatu dan mengantar kertas itu ke rumah sebelah.

Tetangga yang melihat tulisan tersebut segera berlari ke rumah pak tua.

“Tolong! Tolong! Pak tua pingsan,” teriak tetangga itu. Orang-orang berdatangan dan menolong pak tua.

Ending

Lima hari kemudian pak tua kembali ke rumahnya. Pak tua heran. Rumahnya sangat rapi dan sepatu-sepatunya telah selesai. Jina menyambutnya. Mendekati kaki pak tua dan mengeong pelan seperti senang melihat pak tua telah kembali.

2. Cerita Fantasi Pendek dan Singkat 3 Paragraf

cerita fantasi peri

Disebuah hutan yang rindang, terdapat Putri hutan yang bernama Sista. Putri Sista senang sekali bermain di hutan.

Suatu hari Putri Sista tidak melihat keluarga kelinci. Putri Sista bertanya dalam hati. Kemana perginya keluarga kelinci?

Beberapa jam kemudian, Putri Sista melihat keluarga kelinci terjebak di jebakan para pemburu hewan. Putri Sista pun menolong keluarga kelinci itu. Ia mengambil ranting kayu yang tajam dan menyelamatkan Keluarga kelinci tersebut.

Demikianlah penjelasan cerita fantasi beserta struktur dan contohnya. Cerita fiksi hanyalah sebuah cerita yang bertujuan untuk menghibur dan mustahil untuk terjadi di dunia nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *